10 Phrasal Verb Yang Sering Digunakan dalam Percakapan

Download Gratis: Kamus Mini 500 Kosakata Bahasa Inggris Paling sering digunakan

500 Kata ini dipilih khusus karena paling sering digunakan berdasarkan Word Frequency Corpus
Download sekarang cukup isi Nama dan Email


Phrasal verb adalah verb yang terdiri dari verb utama dan particle (biasanya preposition atau adverb) yang mengubah makna dari verb tersebut. Phrasal verb yang sering digunakan dalam bahasa Inggris ada lisan dan tulisan.

Contoh kalimat dengan menggunakan kata “speak” sebagai phrasal verb:

  1. She speaks to her coworkers in a friendly manner. (Dia berbicara dengan rekan kerjanya dengan sopan.)
  2. The teacher spoke up so that everyone in the class could hear her. (Guru itu berbicara dengan keras agar semua siswa di kelas bisa mendengarnya.)

Dalam kedua contoh di atas, “speak” digunakan bersama dengan particle “to” dan “up” yang mengubah makna dari verb “speak” menjadi “berbicara dengan seseorang” dan “berbicara dengan keras”, masing-masing.

Phrasal Verb Yang Sering Digunakan

Phrasal verb yang sering digunakan dalam bahasa Inggris ada yang lisan karena memberikan warna dan dinamika pada percakapan.

Juga dapat membantu Anda mengekspresikan ide dengan lebih jelas dan tepat. Dengan menggunakan phrasal verbs, Anda dapat mengekspresikan makna yang lebih spesifik dan lebih mendetail daripada hanya menggunakan verb utama saja.

UPDATE: Penggunaan dan Contoh Pronouns dalam Bahasa Inggris

Selain itu, phrasal verb yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh orang-orang yang berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa ibu (seperti bule).

Dengan mengetahui beberapa phrasal verb yang sering digunakan, Anda akan lebih terlihat alami dan mudah dipahami ketika berbicara bahasa Inggris. Ini poin penting, terdengar alami saat bicara.

Ini akan membantu Anda terlibat dengan lebih mudah dalam percakapan dan membuat Anda terdengar lebih lancar dan fluent dalam bahasa Inggris.

Ada beberapa phrasal verb yang sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, seperti “pick up” (mengambil sesuatu), “take off” (mengangkat sesuatu), “turn off” (mematikan sesuatu), dan “get back” (kembali).

Kata-kata tersebut sering digunakan dalam kalimat-kalimat sederhana seperti “Can you pick up the phone?” (Bisa kamu mengangkat telepon?) atau “I’m going to take off my coat” (Saya akan menanggalkan jaket saya).

Download Gratis Kamus Mini 500 Kosakata Wajib

Mengenali phrasal verb yang selalu digunakan akan membantu Anda terlibat dengan lebih mudah dalam percakapan sehari-hari dan membuat Anda terdengar lebih lancar dan fluent dalam bahasa Inggris.

Selain itu, phrasal verbs juga dapat membantu Anda mengekspresikan ide dengan lebih jelas dan tepat, sehingga Anda dapat terlibat dengan lebih efektif dalam percakapan.

List Phrasal Verb yang sering digunakan

Kata kerja frasa biasanya merupakan frasa dua kata yang terdiri dari kata kerja + kata kerja atau kata kerja + kata depan.

Pikirkan mereka seperti halnya kosa kata bahasa Inggris lainnya. Pelajarilah mereka ketika Anda menjumpai mereka, daripada mencoba untuk menghafal banyak orang sekaligus.

Gunakan daftar di bawah ini sebagai panduan referensi ketika Anda menemukan ekspresi yang tidak Anda kenal.

Contoh-contoh akan membantu Anda memahami artinya. Jika Anda menganggap setiap kata kerja phrasal sebagai kata kerja terpisah dengan makna tertentu, Anda akan dapat mengingatnya dengan lebih mudah.

  • Beef up

untuk menambah atau memperbaiki sesuatu, atau membuatnya lebih menarik.

Contoh: The organization plans to beef up its marketing effort.

  • Bristle at

Untuk menunjukkan kemarahan atau kemarahan;

Contoh: She bristled at his insolent remarks.

  • Clam up

Untuk diam saja. (Menutup mulut seseorang dengan cara yang ditutup kerang.)

Contoh: The minute they got him in for questioning, he clammed up.

  • To size someone or something up

Untuk mengamati seseorang atau sesuatu untuk mendapatkan informasi; untuk memeriksa seseorang atau sesuatu.

Contoh: The comedian sized the audience up and decided not to use his new material.

  • To crow about something

Membual tentang sesuatu.

Contoh: Stop crowing about your successes! She is crowing over her new car.

  • Fawn over

Untuk menyanjung seseorang atau merawat seseorang secara berlebihan

Contoh: Please stop fawning all over the guests. You are embarrassing me.

  • Wipe out

Untuk menghancurkan sepenuhnya; Untuk memberantas.

Contoh: In todays modern world, the old values have been wiped out.

  • Bounce off

Untuk mencoba ide atau konsep pada seseorang atau grup.

Contoh: Let me bounce off this idea, if I may.

  • Mull over

Untuk memikirkan sesuatu; untuk merenungkan atau khawatir tentang sesuatu.

Contoh: I’ll mull over your suggestions and reply to you next week.

  • Plod along

Bergerak perlahan tapi sengaja.

Contoh: The movie plodded along putting most of the audience to sleep.

Kesimpulan

Kesimpulannya, phrasal verbs adalah verb yang terdiri dari verb utama dan particle yang mengubah makna dari verb tersebut.

Particle adalah bagian dari phrasal verb yang terdiri dari preposition atau adverb. Particle berfungsi untuk mengubah makna dari verb utama dan sering membantu menentukan tata bahasa yang benar dari phrasal verb tersebut.

Ada dua jenis particle: preposition dan adverb.

Preposition adalah kata yang menunjukkan hubungan spasial, temporal, atau abstrak antara dua entitas. Contohnya adalah “in”, “on”, “at”, “by”, “for”, dan sebagainya.

Adverb adalah kata yang mengubah atau menjelaskan verb, adjective, atau adverb lainnya. Contohnya adalah “up”, “down”, “away”, “out”, “over”, dan sebagainya.

Contoh phrasal verb dengan particle preposition adalah “turn on” (memutar sesuatu) dan “get up” (bangun). Contoh phrasal verb dengan particle adverb adalah “speak up” (berbicara dengan keras) dan “put off” (menunda).

Phrasal verb yang sering digunakan dalam bahasa Inggris lisan memberikan warna dan dinamika pada percakapan. Sehingga, Anda bisa mengekspresikan ide dengan lebih jelas dan tepat.

Dengan mengetahui beberapa phrasal verb yang sering digunakan, Anda akan lebih terlihat alami dan mudah dipahami ketika berbicara bahasa Inggris, dan akan lebih mudah terlibat dalam percakapan sehari-hari.

Phrasal verbs juga dapat membantu Anda terdengar lebih lancar dan fluent dalam bahasa Inggris.