Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar

Download Gratis 500 Kata Wajib Bahasa Inggris

500 Kata ini dipilih khusus karena paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Saat Anda tahu semua 500 kata ini, Anda akan bisa merangkai kata-kata bahasa Inggris

Download Gratis di >> HALAMAN INI



Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar – Tentunya akan ada nilai lebih jika Anda memilih menggunakan beberapa ungkapan bahasa Inggris yang bisa membuat Anda terdengar lebih intelektual, pintar meskipun yang Anda utarakan adalah hal yang sebenarnya biasa saja. Tentu Anda tidak mau mendapatkan pengalaman yang jelek hanya karena kemampuan kosakata atau ungkapan yang tidak tepat digunakan sesuai dengan tempatnya, bukan?

Ungkapan dengan nilai intelektual ini biasa digunakan terutama jika Anda berada pada situasi formal atau resmi seperti bisnis, diskusi dan konferensi. Pilihan kata dan ungkapan yang bagus tentu akan mempengaruhi pandangan orang lain terhadap kepribadian, keprofesionalan serta kecakapan Anda menjadi lebih baik. Untuk itu, sangat tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan 12 Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar di bawah ini.

1. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘That’s the general consensus ‘

Ungkapan di atas mempunyai makna yang sama dengan ‘most people think’ (yang kebanyakan orang pikirkan). Nah, daripada Anda mengatakan most people think that…, lebih baik mengatakan seperti contoh di bawah ini:

  • When the price is low, the demand of the goods is high. That’s the general consensus since past. (Ketika harga turun, permintaan terhadapat barang tinggi. Itulah yang kebanyakan dipikirkan oleh orang sejak dulu)

2. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘What’s the general consensus?

Ini adalah ungkapan alternatif dari ‘what do most people think?’ (apa yang dipikirkan oleh kebanyakan orang?). Nah, agar terdengar lebih akademik, coba saja ungkapan yang satu ini.

Contoh:

What’s the general consensus if that politician is selected as the minister? (Apa yang akan dipikirkan oleh orang jika politikus itu terpilih sebagai menteri?

3. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘It’s a common misconception’

 Nah, arti dari ungkapan ini ialah ‘A lot of people often think this but it’s not true.’ Ungkapan ini  digunakan untuk situasi di mana banyak orang yang berpikiran tentang sesuatu tertentu dengan fakta yang sebenarnya tidak benar.

Contoh:

It’s a common misconception that Asian don’t like coffee. (Ini adalah sebuah kesalahpahaman bahawa orang Asia tidak suka kopi)

4. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘Prerogative’

Kata ini digunakan untuk suatu kondisi yang ironi. Prerogative mempunyai makna yang sama dengan ‘something that certain people are able or allowed to do certain things. Not everyone.’ Maksudnya ialah untuk menyatakan beberapa hal yang hanya bisa dilakukan oleh sebagian orang atau golongan saja. Tidak berlaku untuk semua orang.

Contoh:

It’s my prerogative as woman to get a higher education. (Ini adalah prerogatif saya sebagai wanita untuk mendapatkan Pendidikan yang lebih tinggi)

5. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘On the contrary atau quite the contrary’

Ungkapan di atas digunakan untuk menyatakan hal yang kontras atau berlawanan tersebut benar.

Contoh:

On the contrary I really enjoy your cooking. (Sebaliknya saya sangat menikmati masakan kamu)

Anda juga bisa menggunakan bentuk ungkapan lainnya dengan maksud yang sama seperti:

6. Contrary to popular/opinion/belief… (Berlawanan dengan hal yang popular/pendapat/ kepercayaan…)

7. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘Take into consideration’

Arti dari ungkapan ini sama dengan ungkapan ‘to think carefully’ yaitu berpikir dengan hati-hati. Maksudnya ialah berpikir dengan pemikiran atau pertimbangan yang matang.

Contoh:

We are taking into consideration before deciding to buy that house. (Kami sedang memikirkannya dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk membeli rumah itu)

8. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘What are your aspirations?’

Adalah ungkapan yang membuat Anda terdengar lebih pintar daripada menggunakan ungapan ‘what are your goals/aims/objectives?’ yang mempunyai arti ‘apakah tujuan kamu?’

Contoh:

What are your aspirations toward our next project? (Apa tujuan kamu terhadap projek lanjutan kita?)

9. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘To lack the impetus to…’

Jika Anda ingin mengatakan bahwa Anda tidak mempunyai motivasi terhadap sesuatu namun tetap terdengar pintar, tidak ada salahnya menggunakan ungkapan tersebut yang mempunyai makna yang sama dengan ‘I don’t have a lot of motivation’ (Aku tidak mempunyai motivasi yang banyak.’

Contoh:

He is lacking the impetus to read. (Dia kurang motivasi untuk membaca)

10. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘It’s a conundrum’

Ungkapan ini berhubungan dengan ‘a problematic situation’ (situasi yang bermasalah/sulit).

Contoh:

I find myself in a bit of conundrum. I want to buy that book but I don’t have enough money. (Aku mendapati diriku pada situasi yang sedikit sulit. Aku ingin membeli buku namun tidak cukup uang)

11. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘It’s a controversial issue’

Ungkapan ini mempunyai makna yang sama dengan ‘a topic that causes disagreement/ discussion’ yaitu suatu topik yang menyebabkan ketidaksetujuan atau diskusi.

Contoh:

The government project to close that factory is a controversial issue that we are not allowed to talk about it at work.  (Projek pemerintah untuk menutup pabrik itu adalah isu yang kontroversi bahwa kami tidak dibolehkan untuk membicarakannya di tempat kerja).

 12. Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar dengan ‘What’s your perspective?’

Ini adalah ungkapan lain dari cara tertentu untuk menanyakan pendapat tentang sesuatu seperti ‘What is your opinion atau what do you think?’ (Apa pendapat kamu?)

Contoh:

What’s your perspective about the movie? (Apa pendapat kamu tentang film itu?)

Demikianlah Ungkapan Bahasa Inggris untuk Terdengar Lebih Pintar yang sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan jika Anda berada pada situasi formal. Tentunya suatu ungkapan atau kata akan terdengar lebih bagus jika kita sesuaikan dengan situasi di mana kita berada.

Leave a Comment