Ungkapan Menggunakan Kata Mind dalam Bahasa Inggris

Download Gratis 500 Kata Wajib Bahasa Inggris

500 Kata ini dipilih khusus karena paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Saat Anda tahu semua 500 kata ini, Anda akan bisa merangkai kata-kata bahasa Inggris

Download Gratis di >> HALAMAN INI



Ungkapan Menggunakan Kata Mind dalam Bahasa Inggris – Kata mind dalam bahasa Inggris tidak selalu berhubungan dengan pikiran (thought), idea (ide) atau otak,(brain), tetapi juga dengan kesopanan (politeness) dan perhatian (pay attention). Mari kita mulai penjelasannya di bawah ini!

 

1. Ungkapan Mind dengan Mind (Pikiran/Ide)

Sebelumnya, perlu diingat bahwa brain di sini bukan dalam artian benda fisik yang bisa Anda sentuh atau lihat. Anda tentu tidak bisa melihat otak di mana pikiran atau memori terletak di situ.

Contoh:

  • Einstein had a brilliant mind. Kalimat ini sama dengan ‘Einstein had a brilliant thought (Einstein mempunyai pikiran yang cerdas)

Mind pada kalimat ini berhubungan dengan brain (otak).

  • Which minds were the greatest of the 20th century? Kalimat ini mempunyai maksud ‘Who had the greatest idea/ thought/pretty much brain of the 20th century? (Siapakah yang mempunyai ide paling hebat di abad 20?)

 

2. Ungkapan Mind dengan On Someone’s Mind

Ungkapan mind dengan ‘on someone’s mind’ ini berhubungan dengan masalah yang dipikirkan oleh seseorang.

Contoh:

  • What’s on your mind? Mempunyai maksud ‘what are you thinking about right now? (apa yang sedang kamu pikirkan sekarang?)
  • I have a lot on my mind. Mempunyai maksud ‘I’m thinking about some problem on my mind I’m having.’ (Saya sedang berpikir tentang masalah yang saya punya)

 

3. Ungkapan Mind dengan Have in Mind

Have in mind mempunyai maksud memikirkan seseorang untuk suatu posisi atau jabatan. Selain itu juga punya maksud memikirkan tentang sesuatu yang tepat pada situasi tertentu.

Contoh:

  • Who are you voting for as our new director? I have Alief in mind. (Siapa yang kamu pilih sebagai direktur baru kita? Aku memikirkan Alif untuk posisi itu)
  • What do you have in mind? Lunch. (Apa yang kamu pikirkan? Makan siang)

Maksudnya ialah lunch (makan siang) adalah hal yang tepat untuk situasi saat ini.

 

4. Ungkapan Mind dengan Lose Someone’s Mind

Ungkapan ini memunyai maksud ‘go crazy’ (gila) namun bukan dalam artian literal, namun respon setelah melihat atau menemukan sesuatu yang aneh atau diluar akal sehat. Selain itu juga bisa digunakan jika seseorang melakukan hal yang aneh.

Contoh:

  • I’m losing my mind. He told me that the alien was exist. (Aku gila. Dia memberitahuku bahwa alien itu ada)
  • I think he has lost his mind. He is going to school, in fact today is day off. (Aku pikir dia telah kehilangan akal. Dia pergi ke sekolah, padahal hari ini libur)

 

5. Ungkapan Mind dengan Cross Someone’s Mind

Maksudnya ‘quick idea’ yaitu mendapatkan atau terlintas suatu ide dengan cepatnya atau dalam sekejab.

Contoh:

  • It crossed my mind to make my own juice instead of buying it. (Terlintas di pikiranku dengan cepat untuk membuat jus sendiri daripada membelinya)

 

6. Ungkapan Mind dengan Give A Piece of Someone’s Mind

Memiliki maksud ketika Anda memberikan seseorang pendapat atau komentar yang bersifat marah, tentang hal yang tidak Anda sukai tentang sesuatu atau seseorang.

Bayangkan jika Anda ingin menelepon perusahaan kabel internet rumah Anda, namun tidak diangkat beberapa kali, lalu Anda mengatakan:

Contoh:

  • I would give them a piece of my mind. Kalimat ini mempunyai maksud ‘I’m going to give them my angry opinion (Aku akan memberikan mereka komentar marahku)

 

7. Ungkapan Mind dengan Mind Goes Blank

Ungkapani ni digunakan untuk menyatakan situasi di mana seseorang lupa dengan apa yang akan dikatakan, dikerjakan. Hal lain jika hanya ingat sebagian saja dan lupa bagian lainnya.

Contoh:

  • I have learned last night, but when did the test my, my mind just went blank. (Aku sudah belajar semalam, tetapi ketika mengerjakan tes, aku lupa)
  • I’m forgetful. It’s normal if my mind goes blank (Aku pelupa. Normal jika aku lupa)

 

8. Ungkapan Mind dengan Make Up Someone’s Mind

Kata mind dalam ungkapan ini mempunyai maksud seseorang memutuskan melakukan sesuatu.

Contoh:

  • I have made up my mind. I will go to library today. (Aku sudah memutuskan. Aku akan pergi ke perpustakaan hari ini)
  • Have you made up your mind? Where will we go this weekend? (Apakah kamu sudah memutuskan? Akan ke mana kita akhir pekan ini?)

Kata mind juga bisa digunakan dalam kalimat yang berisi untuk pay attention (perhatian). Perhatian yang dimaksud di sini lebih pada memberitahukan atau mengingatkan seseorang untuk waspada dan berhati-hati terhadap suatu bahaya.

 

9. Ungkapan Mind dengan Mind the….!

Anda bisa memasukkan apa saja kata setelah the yang menurut Anda perlu diperhatikan atau waspadai.

Contoh:

Bayangkan jika teman Anda memegang tangkai bunga mawar yang memilki banyak duri tajam dan Anda memberitahukannya untuk berhati-hati dan mengatakan:

  • Hei,wait! Mind the thorns.Mempunyai maksud ‘Be careful about the thorns (Hati-hati dengan durinya) atau ‘Pay attention for the thorns’ (Perhatikan durinya).

 

10. Ungkapan Menggunakan Kata Mind dengan Keep in mind…!

Digunakan ketika Anda memberitahukan atau mengingatkan seseorang untuk perhatian dalam melakukan sesuatu atau tidak lupa melakukannya.

Contoh:

  • Keep in mind the event will start at 7 am. Don’t forget. (Ingatlah acara akan mulai pukul 7 pagi. Jangan lupa)
  • Keep this in your mind. Don’t forget that tomorrow is your last day to smoke. (Ingat ini di pikiranmu. Jangan lupa bahwa besok hari terakhirmu untuk merokok)

Bagaimana? Tentu penjelasan di atas tentang Ungkapan Menggunakan Kata Mind menambah referensi Anda tentang penggunaan mind. Jangan lupa untuk dipraktekkan untuk kepentingan kemampuan speaking Anda!

Leave a Comment